Teori
Kepribadian George A. Kelly.
George A. Kelly lahir pada
tanggal 28 april 1905 di Perth, Kansas. Ia mendapat gelar sarjananya di Friends
University, Kansas, Park College di Missouri, lalu mendapat gelar
pascasarjananya di University of Kansas, University of Minnesota, dan
University of Edinburgh, kemudian mendapat gelar Ph.D.-nya dari State
University of Iowa pada 1931. Dia membangun klinik keliling di Kansas, sebagai
psikolog penerbang pada perang dunia II, dan pernah menjadi profesor psikologi
di Ohio State University dan Brandeis University.
George Kelly adalah orang yang menolak untuk menerima sesuatu secara hitam
putih dan suatu yang pasti bernilai benar atau salah. Dia adalah orang yang
senang mencoba pengalaman baru, menolak kebenaran yang absolut, dan karena itu
merasa bebas untuk merekonstruk atau menginterpretasi fenomena, menantang
konsep realitas objektif dan merasa bebas untuk bermain dalam dunia
keyakinannya. Menurut pandangannya seorang manusia bebas untuk mengkonstruksi
pemikiran dan pemahamannya tentang dunia sehingga menghasilkan sebuah
interpretasi yang berdasar pada konstruk personal yang telah dibentuknya.
Sebelumnya
teori George Kelly disebut dengan teori kognitif, teori perilaku, teori
ekstensial, dan teori fenomenologi. Pada dasarnya pandangan Kelly terhadap kepribadian
berbeda dengan cara pandang tokoh lain, Kelly lebih kompleks dalam
perspektifnya hingga teori Kelly dapat disebut metateori atau teori mengenai
teori-teori. Disebut sebagai metatori karena Kelly tidak menerima posisi
Skinner yang mengatakan perilaku dibentuk oleh lingkungan atau kenyataan,
tetapi ia juga menolak fenomenologi ekstrem yang mengatakan bahwa realita
adalah dipersepsikan manusia. Maka lebih tepatnya Kelly menggabungkan keduanya.
Manusia tidak hanya dibentuk oleh lingkungan tetapi juga dibentuk oleh
pikirannya untuk menentukan perilakunya. Persepsi manusia mengenai realita
diwarnai oleh konstruk personal manusia—atau cara manusia itu
melihat, menjelaskan, dan menginterpretasikan kejadian dalam dunianya.
Teori
yang dikemukakan Kelly biasa disebut teori Konstruk Personal.
Kepribadian individu dapat dipahami dalam kerangka kumpulan konstruk personal
yang digunakan untuk menginterpretasi dunia. Teori ini berfokus pada keunikan
dan keberagaman interpretasi manusia pada tiap stimulus yang mereka dapat.
Keberagaman interpretasi tersebut adalah bukti dari adanya konstruk-konstruk
yang berbeda pada setiap manusia yang berisi pengetahuan mereka tentang dunia,
sehingga dapat digunakan untuk menguasai pengetahuan baru.
Kelly memulai dengan asumsi dasar bahwa semesta ini sebuah kenyataan sebagai
suatu unit yang saling integral dan berkorelasi satu sama lain. Selain itu
semesta bersifat fleksibel atau selalu berubah. Pikiran manusia juga bersifat
nyata dan manusia berusaha menalari dunia yang selalu berubah. Orang yang
berbeda melihat realitas dengan cara yang berbeda pula. Manusia mempunyai cara
alternatif dalam melihat kenyataan. Kelly (1963) berasumsi“bahwa semua
interpretasi di masa sekarang mengenai semesta dapat direvisi atau diganti.” Ia
menyebut asumsi tersebut sebagai alternativisme konstruktif. Kelly yakin
bahwa manusia yang menentukan masa depannya, bukan fakta. Fakta dan kenyataan
tidak mendikte suatu kesimpulan, hanya membawa makna-makna untuk kita temukan.
Adanya stimulus yang sama tidak akan menjamin munculnya interpretasi yang sama
pula. Konstruk personal yang dimiliki oleh manusia berisikan pengalaman
dan pengetahuan tentang dunia yang telah melalui proses kognitif dan membentuk
sebuah kategorisasi, attribusi, prediksi dan interpretasi pada setiap benda dan
peristiwa yang ada di sekitarnya. Sistem konstruk personal ini memberikan
manusia kebebasan untuk memutuskan dan membatasi tindakan, karena sistem
tersebut mengizinkannya untuk berhadapan dengan makna peristiwa, dan terbatas
karena dia tidak akan pernah bisa membuat pilihan diluar dunia alternative yang
berasal dari dirinya sendiri (Kelly, 1958, lm.58).
Terbentuknya
sebuah konstruk personal juga berguna bagi seseorang untuk dapat memprediksi
sebuah peristiwa yang mungkin akan terjadi di masa depan. Hal tersebut mungkin
terjadi, karena sebuah kontruk personal adalah akumulasi dari pengalaman dan
pengetahuan tentang dunia yang telah dia dapat. Menurut Kelly sebuah penalaran
mendasari metafora yang merupakan jantung pandangan Kelly terhadap individu.
Metafora tersebut adalah “orang sebagai ilmuan” (person as scientist). Jadi
bagaimana seorang individu mengembangkan ide yang memungkinkannya untuk
memprediksi peristiwa penting dalam kehidupan sehari-hari. Pandangan orang
sebagi ilmuwan memiliki dua konsekuensi lebih jauh. Pertama pandangan tersebut
menyoroti fakta bahwa orang pada dasarnya berorientasi pada masa depan. Kedua
adalah orang tersebut dapat mengadopsi beberapa teori yang berbeda untuk
membuat tipe prediksi yang berbeda, maka demikian pula dengan orang awam. Jadi
ada kemungkinan munculnya sebuah kontruksi alternatif di dalam konstruk
personal manusia.
Struktur
utama teori kepribadian .
Struktur
utama dalam teori kepribadian Kelly adalah konstruk personal.Konstruk Personal merupakan
cara seseorang menginterpretasikan dan menjelaskan dunia. Teori ini adalah
mengenai konstruksi manusia terhadap peristiwa-peristiwa: yaitu pencarian
pribadi mereka ke dalam dunia mereka (Feist, 2010:289). Melalui konstruk
personal ini individu merasakan, menginterpretasikan dan memaknai peristiwa
tersebut dan mengkategorikannya. Kelly percaya bahwa setiap orang akan melihatnya
dengan cara yang berbeda-beda dan manusia juga selalu mempunyai cara alternatif
dalam melihat sesuatu. Kelly (1963) berasumsi “bahwa semua interpretasi kita di
masa sekarang mengenai semesta dapat direvisi atau diganti” dan asumsi ini ia
sebut sebagai alternativisme konstruktif. Filosofi ini menyatakan bahwa
fakta akan selalu terbuka terhadap banyak kemungkinan dan dapat dilihat dari
berbagai sudut pandang.
Dalam suatu peristiwa, paling tidak ada tiga elemen yang dibutuhkan untuk
membentuk sebuah konstruk. Dua dari elemen tersebut dipahami memiliki kemiripan
satu sama lain, sedangkan elemen yang ketiga dipahami memiliki perbedaan dengan
dua elemen yang lain. Dua elemen yang mirip tersebut membentuk konstruk similarity
pole (kutub kemiripan), sedangkan elemen yang berbeda membentuk konstruk construct
pole (kutub kontras). Hal ini menjelaskan bahwa konstruk tidak dapat
terbentuk atau tidak dapat kita pahami jika hanya menggunakan salah satu kutub
kemiripan atau kutub kontras saja. Selain itu, konstruk yang diterapkan oleh
orang lain bisa diterapkan pada diri kita sendiri dan sebuah konstruk bersifat
mungkin, tapi tidak harus ataupun pasti benar. Misalnya saja, seseorang tidak
dapat menyebut laki-laki itu tampan tanpa membuat konstruk dimensi tampan dalam
kehidupannya, dan konstruk tampan individu A bukan berarti adalah konstruk yang
harus bagi orang lain (individu B).
Ada dua tipe konstruk yang digunakan oleh Kelly untuk membahas elemen yang
digunakan oleh orang lain sebagai sadar atau bawah sadar, yaitu;
a. Konstruk
verbal yang diekspresikan dalam kata
b. Konstruk
preverbal yang digunakan ketika orang tersebut tidak memiliki kata untuk
mengekspresikannya. Konstruk ini dipelajari sebelum individu mengembangkan
kemampuan bahasa.
Tiap konstruk dalam sistem pada diri kita juga memiliki rentang kenyamanan dan
fokus kenyamanan. Rentang kenyamanan adalah semua peristiwa dimana
pengguna merasa aplikasi konstruk tersebut berguna. Fokus kenyamanan adalah
semua peristiwa dimana aplikasi dari konstruk tersebut termanfaatkan secara
penuh. Misalnya saja seperti konstruk menolong/tidak menolong yang bisa
diaplikasikan pada situasi manapun yang memungkinkan untuk pertolongan itu
dapat diberikan (rentang kenyamanan); dan akan sangat dibutuhkan dalam situasi
tertentu seperti ketika kecelakaan (fokus kenyamanan).
Menurut Kelly, manusia terus menerus membentuk pandangan mereka sendiri
mengenai dunia (tidak bersifat statis). Beberapa orang mungkin tidak fleksibel
dan jarang mengubah pandangan mereka itu. Hal ini bisa dijelaskan karena pada
diri tiap individu pasti memiliki core construct (konstruk inti) yang
menjadi fungsi dasar dan hanya akan dapat diubah dengan konsekuensi besar pada
sistem konstruk yang tersisa; dan peripheral construct (konstruk
pelengkap) yang tidak begitu mendasar dan dapat diubah tanpa modifikasi serius
struktur inti.
Sistem konstruk juga diorganisir dalam kerangka hierarki. Konstruk
superordinat merupakan konstruk paling inklusif dan paling luas, seperti
PLANTAE (tumbuhan). Konstruk superordinat ini berisi konstruk yang lebih sempit
dan spesifik seperti pohon, rumput, bunga, dst. Konstruk tingkat menengah ini
kemudian berisi banyak konstruk subordinat seperti mawar, pisang,
singkong, pohon mangga, dst.
Perlu disadari bahwa konstruk satu dengan yang lain saling berhubungan dan perilaku
atau tindakan seseorang merupakan ekpresi dari suatu sistem konstruk, jadi
tidak hanya sekedar ekspresi dari satu kontruk tunggal saja. Konstruk tersebut
jugalah yang ia gunakan untuk memprediksi dan mengendalikan lingkungan
sekitarnya. Konstruk yang dipakai oleh seseorang akan mendefinisikan dunianya.
Oleh karena itu, dalam upaya memahami orang lain, maka kita harus memahami
konstruk apa yang ia gunakan dan peristiwa apa yang tercakup dalam konstruk
tersebut.
Asumsi
Dasar.
Teori
konstruk personal ini memiliki satu asumsi dasar dan sebelas konsekuensi
pendukung. Asumsi dasar dari teori ini menyatakan bahwa “proses dari seseorang
diarahkan melalui jalur-jalur psikologis oleh cara-cara ketika (orang tersebut)
mengantisipasi peristiwa-peristiwa” (Feist, 2010:293). Asumsi ini tidaklah
bersifat absolute, namun justru bersifat terbuka untuk dipertanyakan atau
dikaji ulang.
Kelly menjelaskan istilah proses dari seseorang merujuk pada manusia
yang selalu berubah, hidup, dan bergerak. Kemudian istilah diarahkan melalui
jalur-jalur menunjukkan bahwa manusia mengarahkan proses mereka pada suatu
jalur, suatu tujuan, atau akhir. Lalu istilah cara-cara mengantisipasi
peristiwa menjelaskan bahwa manusia mengarahkan tindakan mereka sesuai dengan
prediksi atas masa depan.
Kasus
Dalam Kehidupan sehari-hari.
Dalam kasus sehari-hari kami
tertarik mengusung kisah kehidupan yang dialami oleh presenter kondang disalah
satu acara televisi swasta Soimah. Nama Soimah saat ini tidak lagi asing di
telinga pemirsa Indonesia, Soimah bernama lengkap Soimah Pancawati. Semua
dimulai saat soimah lahir pada tanggal 29 September 1980. Lahir di kampung
nelayan daerah pesisir pantai utara pulau Jawa. Banyutowo, sebuah desa yang
tenang dekat tempat pelelangan ikan, dan rumah hanya berjarak 100 meter dari
bibir pantai. Banyutowo berjarak 45 Km dari pusat kota Kabupaten Pati Jawa
Tengah.
Masa kecil Soimah Pancawati memang
begitu disiplin dan keras. Sejak duduk di bangku Sekolah Dasar, Soimah
Pancawati sudah membantu ibunya bekerja demi bisa bersekolah. Soimah
Pancawati pernah menggendong es balok sejauh 200 meter, bekerja sampai
malam, dan harus bangun pukul tiga pagi untuk membantu ibunya berdagang ikan di
pasar.
Sejak SD aku terbiasa tidak menerima
uang jajan, jarak dari sekolah ke rumah cukup dekat, jadi kalau haus atau lapar
tinggal pulang ke rumah. Tugas menggarami ikan, membolak-balik ikan yang sedang
diasapi adalah bagianku, bahkan tanganku sampai merah karena sering terkena
asap panas, badankupun setiap hari bau ikan. Aku juga menyiapkan potongan
blarak (daun kelapa kering) untuk membungkus ikan pindang. Setiap hari aku
bangun jam 3 pagi menyiapkan ikan untuk dijual ke pasar, dan paginya aku pergi
ke sekolah, setelah pulang sekolah aku istirahat sebentar dan makan siang,
kemudian kembali melakukan tugas rutinku bergelut dengan ikan dan asap sampai
jam 11 malam. Aku tidak punya waktu bermain seperti teman-teman sebayaku,
waktuku lebih banyak untuk bekerja membantu ibu mengolah ikan. Libur sekolah
bukanlah hari istimewa buat aku dan saudaraku, tapi justru saat cuaca kurang
baik dan nelayan tidak ada yang melaut, saatnya musim laut sepi, begitulah aku
menyebutnya. Baru lah aku terbebas dari pekerjaan mengolah ikan, dan libur yang
sebenarnya telah datang, aku bisa bermain sepuasku. Ibuku sangat galak,
meskipun keluargaku tergolong hidup kecukupan untuk ukuran desaku, tapi Ibu
mengajarkan aku dan semua saudaraku tentang perjuangan hidup dan mengisinya
dengan kerja keras. Sekolah nomer dua, nomer satu adalah membantu orang tua,
begitu cara ibu mendidik aku. Dirumah sudah ada pembagian tugas, mulai dari
kerjaan dapur, nyapu, ngepel, dan cuci piring. Aku sudah terbiasa, dan itu
kita lakukan secara bergiliran. Waktu itu aku masih SD, setiap ibu nonton tivi
bareng aku, ibu selalu bilang “Mbok kowe ki mlebu tivi kuwi, dadi aku iso
ndelok kowe” (Coba kamu itu masuk tivi seperti itu, jadi aku bisa lihat kamu).
Aku selalu merasa ibuku jahat saat aku kecil, ibuku galak, aku harus bekerja
keras disaat teman seusiaku asyik bermain. Tapi sebenarnya ada doa yang kuat,
yang aku sadari justru setelah beliau sudah tidak ada Ungkap Soimah.
Dari kecil Soimah Pancawati sudah
diajarkan untuk mandiri. Setelah bergabung dalam komunitas seni dan mulai
sering menerima panggilan manggung, Soimah Pancawati hijrah ke Yogyakarta.
Selepas Sekolah Menengah Pertama, Soimah Pancawati tinggal bersama
tantenya.
Awal
perjalanan karir Soimah Pancawati adalah dengan mengikuti komunitas
seni di Yogyakarta, seperti ketoprak dan Jogja Hip Hop Foundation misalnya. Soimah
Pancawati sendiri mulai belajar seni sejak tahun 1995, Soimah
Pancawati disekolahkan di SMKI oleh tantenya.
Perjalanan
dalam seni ia rintis dengan masuk dalam grup wayang, Soimah belajar bernyanyi
menjadi sinden dari panggung ke panggung dengan bayaran sebungkus nasi campur
bahkan perna tidak dibayar. Dengan keadaan yang seperti ini Soimah tetap terus
mebuatkan tekadnya untuk melanjutkan hidup dan menuntaskan pendidikan SMKnya.
Melalui
Jogja Hip Hop Foundation Soimah Pancawati menjalani tur dunia untuk
yang pertama kalinya, pada 14 Mei 2011 lalu, Soimah Pancawati bersama
Jogja Hip Hop Foundation tampil di Asia Society di 725 Park Avenue, New York,
Amerika Serikat. Penampilan mereka mendapat tanggapan bagus, rencananya tahun
2012 ia bersama anggotannya akan manggung sebulan di Amerika untuk tur di 10
kota.
Sekarang Soimah
Pancawati menjadi pelawak di acara, SKS (Saatnya Kita Sahur), Comedy
Project, Show Imah di stasiun TV “Trans Tv”, ia pernah menjadi presenter acara
Segerrr, Sedap Malam, di stasiun TV “ANTV”.
Analisis
kasus kehidupan Soimah.
Keadaan Soimah yang berada dalam
keadaan yang dapat dikatogorikan cukup di lingkungan ia hidup. Tidak membuat
keluarga besar Soimah hidup enak. Sang ibu mengajarkan kepada anaknya bahwa
hidup itu harus berjuang. Dalam keadaan ini Soimah melakukan konstruk
personalnya membentuk pola tindakannya selanjutnya. Hal ini ditunjukan pada
kegiatan yang dilakukan oleh Soimah dalam melakukan aktifitasnya seperti yang
telah dikutip dari SD Soimah tidak perna
mendapatkan uang saku, untuk mendapatkan uang Soimah melakukan konstruk
personalnya ia mampu mengintreprestasikan keadaan dan mengambil sebuah tindakan
dari lingkungan yang telah membentuknya, ia mengambil tindakan untuk berjualan
ikan, ia bangun lebih awal dari teman-teman sebayanya untuk membantu menjual
ikan. Selain menjual ikan,ketika berangkat sekolah Soimah membawa es batu balok
untuk dijualnya dikantin sekolah segala aktifitas yang ditekuni Soimah
semata-mata untuk dapat memenuhi kebutuhan uang pribadinya. Kelly percaya bahwa
setiap orang akan melihatnya dengan cara yang berbeda-beda dan manusia juga
selalu mempunyai cara alternatif dalam melihat sesuatu hal. Seperti yang
dinyatakan oleh Kelly bahwa konstruk personal akan membentuk perilaku seseorang
dengan dasar antisipasi dari kejadian. tidak diberi saku oleh ibunya, Soimah
merasa lebih nyaman ketika bisa memenuhi kebutuhan uang sakunya sendiri
daripada meminta pada ibunya. Soimah tidak akan mungkin mandiri ketika ia
merasakan segala kebutuhannya telah terpenuhi oleh kedua orangtuanya.
konstruk personalnya membentuk pola
tindakannya selanjutnya yang dilakukan oleh Soimah dapat didefinisikan dengan
jelas. Misalnya dari Soimah telah mampu melangkah kemana akan ia teruskan
hidupnya. ketika hobi menyanyinya telah didukung oleh ibunya Soimah semakin
tertarik dalam kehidupan seni. Karena Soimah mengintreprestasikan bahwa ia
dapat berhasil di dunia seni ketika ia harus meninggalkan desa dan bergabung dengan
seniman-seniman kota yang membuatnya lebih banyak mencari informasi untuk dunia
seni yang akan ia geluti. Konstruk tersebut mungkin saja akurat ataupun tidak
akurat, sehingga Soimah mencoba meningkatkan akurasi prediksinya dengan
meningkatkan informasinya bergabung di SMKI, dan bergabung di Jogja Hip Hop
Foundation. Soimah melakukan validitas
atas konstruk personalnya, sebagaimana yang dinyatakan dalam teori konstruk
personal Kelly bahwa semua orang berusaha untuk melakukan validitas atas
konstruk mereka, sehingga mereka akan mencari pola yang sesuai dengan
lingkungannya.
Asumsi dasar dari teori Kelly
mengindikasikan bahwa manusia mengarahkan tindakan mereka sesuai dengan
prediksi mereka atas masa depan, pandangan kita di masa kini mengenai masa
depan yang membentuk tindakan kita. Soimah meninggalkan kampong halamannya dan
berhijrah ke kota Jogjakarta. bukan karena pada masa kecilnya Ia selalu hidup
melarat di kampung tapi ia melihat ada potensi seni yang ada pada dirinya untuk
digali ia percaya bahwa ia akan menjadi bintang yang besar dengan ia tau
bagaimana menggali potensinya. Salah satu dari konsekuensi pendukung dari
asumsi dasar Kelly adalahkonsekuensi konstruksi yang menyatakan bahwa
“seseorang mengantisipasi kejadian dengan mengkontruksikan replikasi mereka”
(Kelly, 1955; 50),
Dalam menjalani kehidupan banyak
segala rintangan Soimah yang membuat ia harus bertahan dengan keadaan yag telah
ia jalani ia perna merasakan tidak diberi upah bahkan jatuh bangunya merintis
karir ia jalani dengan tegar. Seperti yang dinyatakan Kelly dalam konsekuensi
pengalaman dan modulasi, dimana semua rang melakukan perubahan atau penyesuaian
dari konstruk personal mereka.
Konsekuensi sosial Kelly
mengindikasikan bahwa manusia secara aktif terlibat dalam hubungan antarpribadi
dan menyadari bahwa mereka adalah bagian dari sistem kontruksi orang lain dan
adanya pandangan peran
SINTA
LUCKYEDI 115120300111003
Trimakasih kakak sangat membantu adik adikmu in I
BalasHapusTerimakasih ilmunya <3
BalasHapusCasinos Near Me - Oklahoma Casino Guide 2021
BalasHapusDiscover bet365 the 벳 365 우회 접속 best online 토토 사이트 코드 casinos in Oklahoma that offer games, wall street bets including Slots, Blackjack, Roulette, Video Poker, Keno, 바카라배팅전략 Keno, Craps, Keno and more.