Jumat, 10 Mei 2013

analisis teori kepribadian Geogre kelly


Teori Kepribadian George A. Kelly. 
             George A. Kelly lahir pada tanggal 28 april 1905 di Perth, Kansas. Ia mendapat gelar sarjananya di Friends University, Kansas, Park College di Missouri, lalu mendapat gelar pascasarjananya di University of Kansas, University of Minnesota, dan University of Edinburgh, kemudian mendapat gelar Ph.D.-nya dari State University of Iowa pada 1931. Dia membangun klinik keliling di Kansas, sebagai psikolog penerbang pada perang dunia II, dan pernah menjadi profesor psikologi di Ohio State University dan Brandeis University.
            George Kelly adalah orang yang menolak untuk menerima sesuatu secara hitam putih dan suatu yang pasti bernilai benar atau salah. Dia adalah orang yang senang mencoba pengalaman baru, menolak kebenaran yang absolut, dan karena itu merasa bebas untuk merekonstruk atau menginterpretasi fenomena, menantang konsep realitas objektif dan merasa bebas untuk bermain dalam dunia keyakinannya. Menurut pandangannya seorang manusia bebas untuk mengkonstruksi pemikiran dan pemahamannya tentang dunia sehingga menghasilkan sebuah interpretasi yang berdasar pada konstruk personal yang telah dibentuknya.
Sebelumnya teori George Kelly disebut dengan teori kognitif, teori perilaku, teori ekstensial, dan teori fenomenologi. Pada dasarnya pandangan Kelly terhadap kepribadian berbeda dengan cara pandang tokoh lain, Kelly lebih kompleks dalam perspektifnya hingga teori Kelly dapat disebut metateori atau teori mengenai teori-teori. Disebut sebagai metatori karena Kelly tidak menerima posisi Skinner yang mengatakan perilaku dibentuk oleh lingkungan atau kenyataan, tetapi ia juga menolak fenomenologi ekstrem yang mengatakan bahwa realita adalah dipersepsikan manusia. Maka lebih tepatnya Kelly menggabungkan keduanya. Manusia tidak hanya dibentuk oleh lingkungan tetapi juga dibentuk oleh pikirannya untuk menentukan perilakunya. Persepsi manusia mengenai realita diwarnai oleh konstruk personal manusia—atau cara manusia itu melihat, menjelaskan, dan menginterpretasikan kejadian dalam dunianya.
Teori yang dikemukakan Kelly biasa disebut teori Konstruk Personal. Kepribadian individu dapat dipahami dalam kerangka kumpulan konstruk personal yang digunakan untuk menginterpretasi dunia. Teori ini berfokus pada keunikan dan keberagaman interpretasi manusia pada tiap stimulus yang mereka dapat. Keberagaman interpretasi tersebut adalah bukti dari adanya konstruk-konstruk yang berbeda pada setiap manusia yang berisi pengetahuan mereka tentang dunia, sehingga dapat digunakan untuk menguasai pengetahuan baru.
            Kelly memulai dengan asumsi dasar bahwa semesta ini sebuah kenyataan sebagai suatu unit yang saling integral dan berkorelasi satu sama lain. Selain itu semesta bersifat fleksibel atau selalu berubah. Pikiran manusia juga bersifat nyata dan manusia berusaha menalari dunia yang selalu berubah. Orang yang berbeda melihat realitas dengan cara yang berbeda pula. Manusia mempunyai cara alternatif dalam melihat kenyataan. Kelly (1963) berasumsi“bahwa semua interpretasi di masa sekarang mengenai semesta dapat direvisi atau diganti.” Ia menyebut asumsi tersebut sebagai alternativisme konstruktif. Kelly yakin bahwa manusia yang menentukan masa depannya, bukan fakta. Fakta dan kenyataan tidak mendikte suatu kesimpulan, hanya membawa makna-makna untuk kita temukan.
            Adanya stimulus yang sama tidak akan menjamin munculnya interpretasi yang sama pula.  Konstruk personal yang dimiliki oleh manusia berisikan pengalaman dan pengetahuan tentang dunia yang telah melalui proses kognitif dan membentuk sebuah kategorisasi, attribusi, prediksi dan interpretasi pada setiap benda dan peristiwa yang ada di sekitarnya. Sistem konstruk personal ini memberikan manusia kebebasan untuk memutuskan dan membatasi tindakan, karena sistem tersebut mengizinkannya untuk berhadapan dengan makna peristiwa, dan terbatas karena dia tidak akan pernah bisa membuat pilihan diluar dunia alternative yang berasal dari dirinya sendiri (Kelly, 1958, lm.58).
Terbentuknya sebuah konstruk personal juga berguna bagi seseorang untuk dapat memprediksi sebuah peristiwa yang mungkin akan terjadi di masa depan. Hal tersebut mungkin terjadi, karena sebuah kontruk personal adalah akumulasi dari pengalaman dan pengetahuan tentang dunia yang telah dia dapat. Menurut Kelly sebuah penalaran mendasari metafora yang merupakan jantung pandangan Kelly terhadap individu. Metafora tersebut adalah “orang sebagai ilmuan” (person as scientist). Jadi bagaimana seorang individu mengembangkan ide yang memungkinkannya untuk memprediksi peristiwa penting dalam kehidupan sehari-hari. Pandangan orang sebagi ilmuwan memiliki dua konsekuensi lebih jauh. Pertama pandangan tersebut menyoroti fakta bahwa orang pada dasarnya berorientasi pada masa depan. Kedua adalah orang tersebut dapat mengadopsi beberapa teori yang berbeda untuk membuat tipe prediksi yang berbeda, maka demikian pula dengan orang awam. Jadi ada kemungkinan munculnya sebuah kontruksi alternatif di dalam konstruk personal manusia.
Struktur utama teori kepribadian .
Struktur utama dalam teori kepribadian Kelly adalah konstruk personal.Konstruk Personal merupakan cara seseorang menginterpretasikan dan menjelaskan dunia. Teori ini adalah mengenai konstruksi manusia terhadap peristiwa-peristiwa: yaitu pencarian pribadi mereka ke dalam dunia mereka (Feist, 2010:289). Melalui konstruk personal ini individu merasakan, menginterpretasikan dan memaknai peristiwa tersebut dan mengkategorikannya. Kelly percaya bahwa setiap orang akan melihatnya dengan cara yang berbeda-beda dan manusia juga selalu mempunyai cara alternatif dalam melihat sesuatu. Kelly (1963) berasumsi “bahwa semua interpretasi kita di masa sekarang mengenai semesta dapat direvisi atau diganti” dan asumsi ini ia sebut sebagai alternativisme konstruktif. Filosofi ini menyatakan bahwa fakta akan selalu terbuka terhadap banyak kemungkinan dan dapat dilihat dari berbagai sudut pandang.
            Dalam suatu peristiwa, paling tidak ada tiga elemen yang dibutuhkan untuk membentuk sebuah konstruk. Dua dari elemen tersebut dipahami memiliki kemiripan satu sama lain, sedangkan elemen yang ketiga dipahami memiliki perbedaan dengan dua elemen yang lain. Dua elemen yang mirip tersebut membentuk konstruk similarity pole (kutub kemiripan), sedangkan elemen yang berbeda membentuk konstruk construct pole (kutub kontras). Hal ini menjelaskan bahwa konstruk tidak dapat terbentuk atau tidak dapat kita pahami jika hanya menggunakan salah satu kutub kemiripan atau kutub kontras saja. Selain itu, konstruk yang diterapkan oleh orang lain bisa diterapkan pada diri kita sendiri dan sebuah konstruk bersifat mungkin, tapi tidak harus ataupun pasti benar. Misalnya saja, seseorang tidak dapat menyebut laki-laki itu tampan tanpa membuat konstruk dimensi tampan dalam kehidupannya, dan konstruk tampan individu A bukan berarti adalah konstruk yang harus bagi orang lain (individu B).
            Ada dua tipe konstruk yang digunakan oleh Kelly untuk membahas elemen yang digunakan oleh orang lain sebagai sadar atau bawah sadar, yaitu;
a.       Konstruk verbal yang diekspresikan dalam kata
b.      Konstruk preverbal yang digunakan ketika orang tersebut tidak memiliki kata untuk mengekspresikannya. Konstruk ini dipelajari sebelum individu mengembangkan kemampuan bahasa.
            Tiap konstruk dalam sistem pada diri kita juga memiliki rentang kenyamanan dan fokus kenyamanan. Rentang kenyamanan adalah semua peristiwa dimana pengguna merasa aplikasi konstruk tersebut berguna. Fokus kenyamanan adalah semua peristiwa dimana aplikasi dari konstruk tersebut termanfaatkan secara penuh. Misalnya saja seperti konstruk menolong/tidak menolong yang bisa diaplikasikan pada situasi manapun yang memungkinkan untuk pertolongan itu dapat diberikan (rentang kenyamanan); dan akan sangat dibutuhkan dalam situasi tertentu seperti ketika kecelakaan (fokus kenyamanan).
            Menurut Kelly, manusia terus menerus membentuk pandangan mereka sendiri mengenai dunia (tidak bersifat statis). Beberapa orang mungkin tidak fleksibel dan jarang mengubah pandangan mereka itu. Hal ini bisa dijelaskan karena pada diri tiap individu pasti memiliki core construct (konstruk inti) yang menjadi fungsi dasar dan hanya akan dapat diubah dengan konsekuensi besar pada sistem konstruk yang tersisa; dan peripheral construct (konstruk pelengkap) yang tidak begitu mendasar dan dapat diubah tanpa modifikasi serius struktur inti.
            Sistem konstruk juga diorganisir dalam kerangka hierarki. Konstruk superordinat merupakan konstruk paling inklusif dan paling luas, seperti PLANTAE (tumbuhan). Konstruk superordinat ini berisi konstruk yang lebih sempit dan spesifik seperti pohon, rumput, bunga, dst. Konstruk tingkat menengah ini kemudian berisi banyak konstruk subordinat seperti mawar, pisang, singkong, pohon mangga, dst.
            Perlu disadari bahwa konstruk satu dengan yang lain saling berhubungan dan perilaku atau tindakan seseorang merupakan ekpresi dari suatu sistem konstruk, jadi tidak hanya sekedar ekspresi dari satu kontruk tunggal saja. Konstruk tersebut jugalah yang ia gunakan untuk memprediksi dan mengendalikan lingkungan sekitarnya. Konstruk yang dipakai oleh seseorang akan mendefinisikan dunianya. Oleh karena itu, dalam upaya memahami orang lain, maka kita harus memahami konstruk apa yang ia gunakan dan peristiwa apa yang tercakup dalam konstruk tersebut.

Asumsi Dasar.
Teori konstruk personal ini memiliki satu asumsi dasar dan sebelas konsekuensi pendukung. Asumsi dasar dari teori ini menyatakan bahwa “proses dari seseorang diarahkan melalui jalur-jalur psikologis oleh cara-cara ketika (orang tersebut) mengantisipasi peristiwa-peristiwa” (Feist, 2010:293). Asumsi ini tidaklah bersifat absolute, namun justru bersifat terbuka untuk dipertanyakan atau dikaji ulang.
            Kelly menjelaskan istilah proses dari seseorang merujuk pada manusia yang selalu berubah, hidup, dan bergerak. Kemudian istilah diarahkan melalui jalur-jalur menunjukkan bahwa manusia mengarahkan proses mereka pada suatu jalur, suatu tujuan, atau akhir. Lalu istilah cara-cara mengantisipasi peristiwa menjelaskan bahwa manusia mengarahkan tindakan mereka sesuai dengan prediksi atas masa depan.
Kasus Dalam Kehidupan sehari-hari.
            Dalam kasus sehari-hari kami tertarik mengusung kisah kehidupan yang dialami oleh presenter kondang disalah satu acara televisi swasta Soimah. Nama Soimah saat ini tidak lagi asing di telinga pemirsa Indonesia, Soimah bernama lengkap Soimah Pancawati. Semua dimulai saat soimah lahir pada tanggal 29 September 1980. Lahir di kampung nelayan daerah pesisir pantai utara pulau Jawa. Banyutowo, sebuah desa yang tenang dekat tempat pelelangan ikan, dan rumah hanya berjarak 100 meter dari bibir pantai. Banyutowo berjarak 45 Km dari pusat kota Kabupaten Pati Jawa Tengah.
            Masa kecil Soimah Pancawati memang begitu disiplin dan keras. Sejak duduk di bangku Sekolah Dasar, Soimah Pancawati sudah membantu ibunya bekerja demi bisa bersekolah. Soimah Pancawati pernah menggendong es balok sejauh 200 meter, bekerja sampai malam, dan harus bangun pukul tiga pagi untuk membantu ibunya berdagang ikan di pasar.
            Sejak SD aku terbiasa tidak menerima uang jajan, jarak dari sekolah ke rumah cukup dekat, jadi kalau haus atau lapar tinggal pulang ke rumah. Tugas menggarami ikan, membolak-balik ikan yang sedang diasapi adalah bagianku, bahkan tanganku sampai merah karena sering terkena asap panas, badankupun setiap hari bau ikan. Aku juga menyiapkan potongan blarak (daun kelapa kering) untuk membungkus ikan pindang. Setiap hari aku bangun jam 3 pagi menyiapkan ikan untuk dijual ke pasar, dan paginya aku pergi ke sekolah, setelah pulang sekolah aku istirahat sebentar dan makan siang, kemudian kembali melakukan tugas rutinku bergelut dengan ikan dan asap sampai jam 11 malam. Aku tidak punya waktu bermain seperti teman-teman sebayaku, waktuku lebih banyak untuk bekerja membantu ibu mengolah ikan. Libur sekolah bukanlah hari istimewa buat aku dan saudaraku, tapi justru saat cuaca kurang baik dan nelayan tidak ada yang melaut, saatnya musim laut sepi, begitulah aku menyebutnya. Baru lah aku terbebas dari pekerjaan mengolah ikan, dan libur yang sebenarnya telah datang, aku bisa bermain sepuasku. Ibuku sangat galak, meskipun keluargaku tergolong hidup kecukupan untuk ukuran desaku, tapi Ibu mengajarkan aku dan semua saudaraku tentang perjuangan hidup dan mengisinya dengan kerja keras. Sekolah nomer dua, nomer satu adalah membantu orang tua, begitu cara ibu mendidik aku. Dirumah sudah ada pembagian tugas, mulai dari kerjaan dapur, nyapu, ngepel, dan cuci piring. Aku sudah terbiasa, dan itu kita lakukan secara bergiliran. Waktu itu aku masih SD, setiap ibu nonton tivi bareng aku, ibu selalu bilang “Mbok kowe ki mlebu tivi kuwi, dadi aku iso ndelok kowe” (Coba kamu itu masuk tivi seperti itu, jadi aku bisa lihat kamu). Aku selalu merasa ibuku jahat saat aku kecil, ibuku galak, aku harus bekerja keras disaat teman seusiaku asyik bermain. Tapi sebenarnya ada doa yang kuat, yang aku sadari justru setelah beliau sudah tidak ada Ungkap Soimah.
            Dari kecil Soimah Pancawati sudah diajarkan untuk mandiri. Setelah bergabung dalam komunitas seni dan mulai sering menerima panggilan manggung, Soimah Pancawati hijrah ke Yogyakarta. Selepas Sekolah Menengah Pertama, Soimah Pancawati tinggal bersama tantenya.
Awal perjalanan karir Soimah Pancawati adalah dengan mengikuti komunitas seni di Yogyakarta, seperti ketoprak dan Jogja Hip Hop Foundation misalnya. Soimah Pancawati sendiri mulai belajar seni sejak tahun 1995, Soimah Pancawati disekolahkan di SMKI oleh tantenya.
Perjalanan dalam seni ia rintis dengan masuk dalam grup wayang, Soimah belajar bernyanyi menjadi sinden dari panggung ke panggung dengan bayaran sebungkus nasi campur bahkan perna tidak dibayar. Dengan keadaan yang seperti ini Soimah tetap terus mebuatkan tekadnya untuk melanjutkan hidup dan menuntaskan pendidikan SMKnya.
Melalui Jogja Hip Hop Foundation Soimah Pancawati menjalani tur dunia untuk yang pertama kalinya, pada 14 Mei 2011 lalu, Soimah Pancawati bersama Jogja Hip Hop Foundation tampil di Asia Society di 725 Park Avenue, New York, Amerika Serikat. Penampilan mereka mendapat tanggapan bagus, rencananya tahun 2012 ia bersama anggotannya akan manggung sebulan di Amerika untuk tur di 10 kota.
Sekarang Soimah Pancawati menjadi pelawak di acara, SKS (Saatnya Kita Sahur), Comedy Project, Show Imah di stasiun TV “Trans Tv”, ia pernah menjadi presenter acara Segerrr, Sedap Malam, di stasiun TV “ANTV”.
Analisis kasus kehidupan Soimah.
            Keadaan Soimah yang berada dalam keadaan yang dapat dikatogorikan cukup di lingkungan ia hidup. Tidak membuat keluarga besar Soimah hidup enak. Sang ibu mengajarkan kepada anaknya bahwa hidup itu harus berjuang. Dalam keadaan ini Soimah melakukan  konstruk personalnya membentuk pola tindakannya selanjutnya. Hal ini ditunjukan pada kegiatan yang dilakukan oleh Soimah dalam melakukan aktifitasnya seperti yang telah dikutip  dari SD Soimah tidak perna mendapatkan uang saku, untuk mendapatkan uang Soimah melakukan konstruk personalnya ia mampu mengintreprestasikan keadaan dan mengambil sebuah tindakan dari lingkungan yang telah membentuknya, ia mengambil tindakan untuk berjualan ikan, ia bangun lebih awal dari teman-teman sebayanya untuk membantu menjual ikan. Selain menjual ikan,ketika berangkat sekolah Soimah membawa es batu balok untuk dijualnya dikantin sekolah segala aktifitas yang ditekuni Soimah semata-mata untuk dapat memenuhi kebutuhan uang pribadinya. Kelly percaya bahwa setiap orang akan melihatnya dengan cara yang berbeda-beda dan manusia juga selalu mempunyai cara alternatif dalam melihat sesuatu hal. Seperti yang dinyatakan oleh Kelly bahwa konstruk personal akan membentuk perilaku seseorang dengan dasar antisipasi dari kejadian. tidak diberi saku oleh ibunya, Soimah merasa lebih nyaman ketika bisa memenuhi kebutuhan uang sakunya sendiri daripada meminta pada ibunya. Soimah tidak akan mungkin mandiri ketika ia merasakan segala kebutuhannya telah terpenuhi oleh kedua orangtuanya.
            konstruk personalnya membentuk pola tindakannya selanjutnya yang dilakukan oleh Soimah dapat didefinisikan dengan jelas. Misalnya dari Soimah telah mampu melangkah kemana akan ia teruskan hidupnya. ketika hobi menyanyinya telah didukung oleh ibunya Soimah semakin tertarik dalam kehidupan seni. Karena Soimah mengintreprestasikan bahwa ia dapat berhasil di dunia seni ketika ia harus meninggalkan desa dan bergabung dengan seniman-seniman kota yang membuatnya lebih banyak mencari informasi untuk dunia seni yang akan ia geluti. Konstruk tersebut mungkin saja akurat ataupun tidak akurat, sehingga Soimah mencoba meningkatkan akurasi prediksinya dengan meningkatkan informasinya bergabung di SMKI, dan bergabung di Jogja Hip Hop Foundation.  Soimah melakukan validitas atas konstruk personalnya, sebagaimana yang dinyatakan dalam teori konstruk personal Kelly bahwa semua orang berusaha untuk melakukan validitas atas konstruk mereka, sehingga mereka akan mencari pola yang sesuai dengan lingkungannya.
            Asumsi dasar dari teori Kelly mengindikasikan bahwa manusia mengarahkan tindakan mereka sesuai dengan prediksi mereka atas masa depan, pandangan kita di masa kini mengenai masa depan yang membentuk tindakan kita. Soimah meninggalkan kampong halamannya dan berhijrah ke kota Jogjakarta. bukan karena pada masa kecilnya Ia selalu hidup melarat di kampung tapi ia melihat ada potensi seni yang ada pada dirinya untuk digali ia percaya bahwa ia akan menjadi bintang yang besar dengan ia tau bagaimana menggali potensinya. Salah satu dari konsekuensi pendukung dari asumsi dasar Kelly adalahkonsekuensi konstruksi yang menyatakan bahwa “seseorang mengantisipasi kejadian dengan mengkontruksikan replikasi mereka” (Kelly, 1955; 50),
            Dalam menjalani kehidupan banyak segala rintangan Soimah yang membuat ia harus bertahan dengan keadaan yag telah ia jalani ia perna merasakan tidak diberi upah bahkan jatuh bangunya merintis karir ia jalani dengan tegar. Seperti yang dinyatakan Kelly dalam konsekuensi pengalaman dan modulasi, dimana semua rang melakukan perubahan atau penyesuaian dari konstruk personal mereka.
            Konsekuensi sosial Kelly mengindikasikan bahwa manusia secara aktif terlibat dalam hubungan antarpribadi dan menyadari bahwa mereka adalah bagian dari sistem kontruksi orang lain dan adanya pandangan peran

SINTA LUCKYEDI 115120300111003

3 komentar:

  1. Trimakasih kakak sangat membantu adik adikmu in I

    BalasHapus
  2. Casinos Near Me - Oklahoma Casino Guide 2021
    Discover bet365 the 벳 365 우회 접속 best online 토토 사이트 코드 casinos in Oklahoma that offer games, wall street bets including Slots, Blackjack, Roulette, Video Poker, Keno, 바카라배팅전략 Keno, Craps, Keno and more.

    BalasHapus